Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

Tiga anggota DPRD hadiri, Musrenbang Nagari sungai Janiah Talu

Sabtu, 12 Oktober 2024 | Oktober 12, 2024 WIB Last Updated 2024-10-13T05:05:42Z

Pasbar, Rakyat Merdeka86.com | Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tahun 2025 Nagari Sungai Janiah Talu di Gelar pada Sabtu tanggal 12 Oktober 2024 di aula Kantor Wali Nagari Sungai Janiah Talu. 


Acara musrebang ini dihadiri oleh 3 orang anggota DPRD yaitu Ade Putra anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Yondrizal, S.H.,S.Sos.,M.H. dan Theo Satria,S.H.,M.H anggota DPRD Kabupaten Pasaman Barat. 


Sebagai peserta Musrenbang ini adalah perwakilan Ninik mamak, cadiak pandai, alim ulama, tokoh masyarakat, karang taruna dan aparatur nagari sungai janiah Talu. 


Selain itu turut hadir juga camat Talamau Afriadi, S.Pd., M.Si dan Syahril Elva Kasi Ekbang kecamatan Talamau. Kegiatan musrebang diawali dengan acara serominal dalam bentuk pembukaan kegiatan secara resmi.


Dalam agenda pembukaan acara dimaksud Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Ade Putra menyatakan bahwa Sungai Janiah merupakan nagari yang mendapat prioritas untuk program pembangunan melalui APBD Provinsi.


“.Untuk tahun 2025 insya Allah Dana Pokirnya akan dialokasikan sebesar Rp. 200.000.000 untuk apa objek yang akan dibangun Saya menyerahkan kepada masyarakat dimana titik dan apa yang akan dibangun.” ungkap nya


Pada kesempatan itu Yondrizal selalu Anggita DPRD Pasaman Barat diberikan kesempatan untuk menyampaikan rencana kerja untuk pembangunan nagari Sungai Janiah.


Menurut Yondrizal dalam sambutannya ada 2 hal penting yang perlu kita bedakan dalam perencanaan pembangunan ini yaitu kebutuhan dan keinginan. 


“.Dalam penyusunan perencanaan ini kita mesti memprioritaskan mana yang masuk dalam katogi kebutuhan. Jika bicara kebutuhan maka sifatnya mendesak dan sangat prioritas.

Sebagai anggota DPRD kabupaten dari awal saya membawa 2 target utama yaitu pembangunan irigasi untuk mendukung kebutuhan air untuk area persawahan dan jalan usaha tani untuk mendukung percepatan pembukaan lahan tidur oleh masyarakat. Jika dilihat dari kontur Nagari Sungai Janiah Talu terdiri dari persawahan dan perbukitan.” pungkas nya


Kesempatan selanjutnya Theo Satria menjelaskan untuk perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di nagari sungai janiah Talu ini mari kita Saling bahu membahu, butuh persatuan dan kesatuan bersama seluruh warga sungai janiah. 


“.Untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat kami selaku perwakilan masyarakat khusus dapil 1 insya Allah siap untuk itu. Mudah2an mudahan kehadiran kami sebagai anggota DPRD kabupaten Pasaman barat dapat membawa perubahan dan perbaikan untuk masyarakat kita ke depan.” Ucap nya


Akhrowin selalu pj wali nagari sungai janiah mengapresiasi kepada anggota DPRD yang hadir, sungguh diluar dugaan musrenbang kita ini dihadiri oleh 3 orng anggota DPRD.


“.Baru kali ini musyawarah perencanaan nagari sungai janiah dapat dihadiri DPRD. Tentu kehadiran anggota DPRD membawa angin segar bagi nagari Talu untuk percepatan pembangunan di sungai janiah Talu. Kalau pembangunan nagari ini kita hanya mengandalkan apb nagari yang bersumber dari dana desa dan alokasi dana nagari, maka akan terlihat gerak pembangunan akan lamban. Sebagai wali nagari saya berharap banyak kepada Anggota DPRD yang hadir untuk perhatian serius dalam hal ini. Mudah2an mudahan ke depan kita semakin maju. Apb nagari kita baru tersedia 1,8 milyar dan hampir 1 milyar diperuntukkan belanja pegawai dan belanja modal. Dn diperkirakan hanya 800 juta untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat. Kita berharap dengan kepada anggota DPRD, jika masing masing anggota DPRD kita ini meletakkan pokirnya di nagari sungai janiah 200 juta maka akan ada tambahan pembangunan sebesar 600 juta.”pungkas wali nagari sungai janiah Talu.


(syafri.m)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update