Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

Danlantamal XIV Pimpin Langsung Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Selasa, 01 Oktober 2024 | Oktober 01, 2024 WIB Last Updated 2024-10-01T23:06:52Z

Kota Sorong PBD, Rakyat Merdeka86 | Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIV Sorong, Laksamana Pertama TNI Deny Prasetyo, memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan tema "Bersama Pancasila Kita Mewujudkan Indonesia Emas". Upacara tersebut dilaksanakan di LapanganMako Lantamal XIV, Jl. Bubara No.1, Klaligi, Distrik Sorong, Kota Sorong, Papua Barat Daya. Selasa (01/10/2024)


Setiap tahun, peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momen sakral bagi seluruh rakyat Indonesia. Peristiwa bersejarah 30 September 1965 yang menelan korban jiwa para pahlawan revolusi senantiasa mengingatkan kita akan pentingnya mempertahankan ideologi negara, yakni Pancasila. Upacara peringatan yang diselenggarakan secara khidmat menjadi wadah bagi seluruh komponen bangsa untuk meneguhkan kembali komitmen terhadap nilai-nilai luhur Pancasila. Melalui upacara ini, kita bersama-sama menyatakan tekad bulat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan, pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila selalu dibacakan Ikrar Tragedi Nasional. Ikrar ini mengandung tekad yang kuat untuk senantiasa menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara. Bunyi ikrar tersebut adalah, "Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamankan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia." Ikrar ini menjadi pengingat bagi kita semua bahwa Pancasila adalah harga mati yang harus dipertahankan.


(Tim/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update