Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

RINTIHAN Rasul kutemui di balik Jeruji Besi

Kamis, 19 September 2024 | September 19, 2024 WIB Last Updated 2024-09-20T05:40:49Z

 


by. BSL.Kh,Harist Quddusy*** AF


Ketika Diskusi ringan bersama rekan rekan warga binaan sambil menunggu antrian di barbershop ( tempat motong rambut ) banyak yang menyatakan bahwa mereka belum bisa membaca Al Qur'an, baik secara tartil apa lagi secara mujawwad, dan masih terbata - bata atau masih Iqra' bahkan ada yg tidak bisa sama sekali.


Ketika ditanya mereka Islam atau tidak, serentak mereka mengatakan kami Islam dengan nada suara yang sedikit agak tinggi, bahkan ada diantara mereka yang tidak bisa baca qur'an itu ada mantan pejabat dan aparat, apa lagi untuk menterjemahkan apa lagi mengamalkan isi kandungannya.


Suatu hari Rasulullah SAW, mengadu kepada Allah, atas rintihan dan kekhawatirannya terhadap umatnya, karena nabi itu lebih mencintai umatnya melebihi diri dan keluarganya sendiri, seperti yang Allah firmankan dalam QS, At - Taubah ( 9 ) ayat  128.


" Sungguh telah datang kepada mu seorang Rasul dari kaum mu sendiri, berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, ( Dia) sangat menginginkan ( keimanan, dan keselamatan)  bagi mu, penyantun dan penyayang terhadap orang - orang yang beriman".

 

Dalam Surat Al - Furqon ( 25 ) ayat 30 Allah abadikan Rintihan dan Curhatan Rasul itu, 

" Dan Rasul ( Muhammad  ) berkata,  Yaa.. Tuhanku, sesungguhnya aku kawatir terhadap umatku, kalau mereka melalaikan Al- Qur'an, padahal qur'an itu bagi mereka adalah sebagai petunjuk, pedoman dan pembeda antara yang haq dengan yang batil. QS, 2 ayat 185 dan qur'an itu sebagai Syifa' ( obat) dan rahmat bagi orang yang beriman. QS, 17 ayat  82 dan qur'an itu ya allah bagi mereka sebagai bukti keimanan QS, 2 ayat  4 dan salah satu bukti keimanan begitu yang beliau sampaikan dalam hadist arba'innya. 


Qur'an Surat Al- Furqon ( 25 ) ayat  30 diatas ditafsirkan oleh Ali bin Abi Tholib karomallahu wajha, apa bila Qur'an itu sudah mulai dilalaikan, maka ada lima perkara besar yang akan menimpa umat,


1. Apabila qur'an sudah dilalaikan, maka akan muncul diantara mereka pemimpin pemimpin yang Zholim, menurut buya Hamka ,adalah Pemimpin yang menaniaya rakyat nya, atau menari nari diatas penderitaan orang lain, dalam hadist " masing masing kita adalah pemimpin dan kita akan dimintai pertanggungjawaban nya ( HR. Bukhari, Muslim) 


2. Apabila qur'an dilalaikan, maka akan datang generasi  yang tidak ber Akhlak dan bermoral


3. Apabila qur'an dilalaikan, maka akan muncul orang  tua yang enggan untuk beribadah


4. Apabila qur'an sudah dilalaikan, maka akan muncul orang kaya yang angkuh dan sombong


5. Dan apabila qur'an dilalaikan, akan muncul orang miskin yang sombong... 


Rintihan Rasul ini ku temui semuanya di balik jeruji besi. (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update