Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

PJ Bupati Maybrat Hadiri Launching UPTP Samsat Maybrat dan Samsat Tambrauw

Sabtu, 07 September 2024 | September 07, 2024 WIB Last Updated 2024-09-08T06:45:32Z

Kota Sorong PBD, Rakyat Merdeka86 | Penjabat (PJ) Bupati Maybrat, Vicente Campana Baay, S.IP menghadiri kegiatan dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua Barat Daya saat menggelar launching dari Unit Pelaksana Teknis Pendapatan (UPTP) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) untuk Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Tambrauw, yang bertempat di salah satu hotel di Kota Sorong, provinsi Papua Barat Daya pada hari Sabtu (7/9/24).


Kegiatan launching UPTP Samsat di Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Tambrauw itu resmi dilaunching langsung oleh Pj Sekda Papua Barat Daya Jhony Way yang ditandai dengan pemukulan tifa serta didampingi PJ Bupati Maybrat Vicente Campana Baay, S.IP,  PJ Bupati Tambrauw Engelbertus Kocu dan kepala BPKAD Papua Barat Daya Harjito, bersama Pimpinan PT Bank Papua KCU Sorong, Pimpinan PT Jasa Raharja Cabang Manokwari, Dirlantas Polda Papua Barat, Kapolres Maybrat Kompol Ruben Obet Kbarek serta Kapolres Tambrauw AKBP Aries Dwi Cahyanto.


Menurut Pj Sekda Papua Barat Daya Jhony Way, saat di temui awak media mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi atas pelaksanaan launching UPTP Samsat untuk kedua kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Tambrauw yang telah bekerja sama dengan BPKAD Provinsi Papua Barat Daya dan Pemerintah Daerah Kabupaten Maybrat bersama Pemerintah Kabupaten Tambrauw. 


"Saya sangat mengapresiasi kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah serta Pemerintah Kabupaten Maybrat dan Pemerintah Kabupaten tambrauw atas terprosesnya kantor Samsat bersama ini," Kata Pj Sekda PBD, Jhony Way.


Kemudian PJ Sekda PBD juga menyebutkan, bahwa berdasarkan surat rekomendasi Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 100.2.2.6/6475/OTDA tentang rekomendasi pembentukan UPTP dilingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat Daya pada tanggal 26 Agustus tahun 2024, sehingga dengan pembentukan Kantor Samsat di Kabupaten Maybrat dan Kantor Samsat Kabupaten Tambrauw sudah mendapat restu dan memenuhi syarat.


Lanjutnya bahwa saat ini UPTP Samsat Kabupaten Maybrat dan Kabupaten tambrauw merupakan UPTP Samsat yang baru diresmikan sebagai upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Provinsi Papua Barat Daya.


"Kami sebagai Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya secara resmi melaunching UPTP untuk Kabupaten Maybrat dan Tambrauw, karena selama ini di dua Kabupaten belum ada kantor Samsat, sehingga pada hari ini kita telah meresmikan Samsat untuk dua Kabupaten itu," kata Pj Sekda PBD, Jhony Way.


Selanjutnya kantor Samsat di Kabupaten Maybrat dan Tambrauw ini nantinya akan memulai operasi pada Bulan Januari tahu 2025," jelas PJ Sekda PBD".


"Rencananya UPTP Samsat Maybrat dan tambrauw ini mulai operasi pada bulan Januari 2025 mendatang," paparnya. 


Pada kesempatan itu, dirinya juga mengakui bahwa dengan dilaunchingnya UPTP Samsat di Kabupaten Maybrat dan Tambrauw, maka masyarakat di dua Kabupaten itu sudah dapat melakukan pengurusan surat-surat kendaraan bermotor, tanpa harus jauh-jauh untuk mengurus ke kabupaten Sorong atau kota Sorong sebagai Ibukota Provinsi Papua Barat Daya.


“Sehingga dengan diresmikannya dua UPTP Samsat pada hari ini, maka semua daerah Kota dan Kabupaten di Provinsi ini sudah memiliki Samsat di daerah masing-masing, yaitu ada lima Kabupaten dan 1 Kota di provinsi Papua Barat Daya yang sudah memiliki Kantor Samsat, sehingga dengan adanya dua UPTP Samsat ini juga nantinya dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Maybrat dan Tambrauw," ucapnya.


Kemudian PJ Sekda yang mewakili PJ gubernur PBD juga berharap dan menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar nantinya dapat mengubah Plat kendaraan bermotor dari yang semula PB (Papua Barat) menjadi PY (Papua Barat Daya)," harapnya".


“Saat ini kita di Papua Barat Daya sudah menggunakan plat kendaraan bermotor PY bukan lagi PB, sehingga dengan adanya dua Samsat ini nantinya dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam mengubah plat nomor kendaraan dari PB ke PY," tutup PJ Sekda PBD.


(Tim/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update