Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

Pemkab Maybrat Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024

Senin, 30 September 2024 | September 30, 2024 WIB Last Updated 2024-10-01T03:21:24Z

Maybrat PBD, Rakyat Merdeka86 | Pemerintah Kabupaten Maybrat menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Maybrat, jln Susumuk-Aiwasi, distrik Aifat, provinsi Papua Barat Daya Selasa (01/10/24).


Upacara ini berlangsung dengan khidmat dan bertindak sebagai inspektur upacara pada hari kesaktian Pancasila di lingkungan pemkab Maybrat yaitu Pj Bupati Maybrat, Vicente Campana Baay, S.IP


Kegiatan ini, turut dihadiri juga oleh PJ Sekda Maybrat, unsur Aparatur Sipil Negara (ASN), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Honorer dan seluruh peserta upacara lainnya di lingkungan pemerintah kabupaten Maybrat.


Seusai upacara, Pj Bupati yang akrab di panggil Vicky Baay mengungkapkan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila harus menjadi momentum penting bagi seluruh elemen bangsa Indonesia.


Untuk itu dirinya menekankan pentingnya mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dan seluruh sila-silanya dalam kehidupan sehari-hari, sebagai bentuk penguatan persatuan dan kesatuan bangsa.


“Momentum ini adalah pengingat bagi kita semua untuk menjadikan Pancasila sebagai landasan dalam bersikap dan bertindak baik dalam kehidupan sosial, berbangsa, maupun bernegara. Pancasila adalah perekat yang mempersatukan kita sebagai sebuah bangsa yang besar,” ujar Vicky Baay.


Lebih lanjut, Pj.Bupati Maybrat mengajak seluruh masyarakat kabupaten Maybrat untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan revolusi yang gugur dalam mempertahankan ideologi bangsa.


Menurutnya, bahwa pengorbanan mereka harus menjadi motivasi untuk terus menjaga Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia.


“Para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan Pancasila adalah contoh nyata sebagai dedikasi dan pengorbanan bagi bangsa. Untuk itu kita harus senantiasa menghormati jasa-jasa mereka dan terus menjaga Pancasila sebagai dasar dari kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegas Vicky Baay saat di temui awak media.


Selain itu, dalam menghadapi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 yang akan digelar pada tanggal 27 November mendatang, Pj Bupati Maybrat juga mengingatkan pentingnya menjadikan Pancasila sebagai landasan dalam berdemokrasi.


Dirinya juga berharap agar setiap tahapan Pilkada agar dapat berjalan dengan lancar, damai, dan penuh rasa tanggung jawab, dengan semangat persatuan yang dijunjung tinggi.


“Sebagai bangsa yang berpegang teguh pada Pancasila, kita harus mampu menjadikan pesta demokrasi sebagai ajang untuk memperkuat persatuan. Dalam setiap tahapan Pilkada serentak di kabupaten Maybrat, untuk itu mari kita selalu jaga semangat demokrasi yang sehat, damai, dan berlandaskan Pancasila,” ungkap PJ Bupati Maybrat Vicente Campana Baay, S.IP.


Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi momen penting untuk terus memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terlebih di tengah dinamika politik menjelang Pilkada serentak tahun 2024 ini.


*Nehaf Sau Baunot Sau*


(Tim/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update