Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

Festival Batang Sinuruik Siap Harumkan Nama Pasaman Barat di Ajang Bergengsi KEN SumBar 2025

Kamis, 05 September 2024 | September 05, 2024 WIB Last Updated 2024-09-05T14:51:43Z

Pasbar-2024, Rakyat Merdeka86.com | Pasaman Barat dengan bangga mengumumkan terpilihnya Festival Batang Sinuruik (FBS) sebagai wakil dalam Kurasi Kharisma Event Nusantara (KEN) Sumatera Barat 2025. Festival yang kaya akan budaya dan tradisi dari masyarakat Nagari Sinuruik ini dipercaya oleh Dinas Pariwisata Pasaman Barat untuk berkompetisi dengan kabupaten dan kota lain di Sumatera Barat dalam acara bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Wali Nagari Sinuruik, Frianton, menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya atas kesempatan yang diberikan ini. "Terpilihnya Festival Batang Sinuruik untuk mewakili Pasaman Barat adalah sebuah kehormatan yang besar bagi kami. Ini bukan hanya sekadar festival, namun juga kesempatan untuk memperkenalkan kekayaan budaya serta potensi pariwisata Nagari Sinuruik ke kancah nasional. Kami akan berupaya sebaik mungkin untuk membawa kebanggaan bagi masyarakat Pasaman Barat dan Sumatera Barat pada umumnya. Terima kasih kepada Dinas Pariwisata atas kepercayaan ini, dan kami sangat berharap dukungan dari seluruh lapisan masyarakat," ungkapnya dengan penuh harap.

Bupati Pasaman Barat, H. Hamsuardi, turut memberikan apresiasi dan dukungan terhadap festival ini. “Festival Batang Sinuruik adalah cerminan semangat masyarakat kita dalam melestarikan budaya lokal serta mengangkat potensi daerah. Saya sangat yakin FBS akan tampil maksimal dan mampu memukau para kurator di KEN SumBar 2025. Mari jadikan kesempatan ini sebagai momentum untuk semakin memperkenalkan Pasaman Barat sebagai destinasi wisata yang kaya akan budaya dan keindahan alam. Saya optimis, dengan kebersamaan dan kerja keras, Festival Batang Sinuruik dapat meraih prestasi yang membanggakan, dan Semoga tahun ini nagari Sinuruik melalui Festival Batang Sinuruik, terpilih sebagai salah satu festival dari Sumatera Barat yang akan mewakili KEN di tingkat Nasional tutur Bupati dengan penuh keyakinan.

Kurasi KEN SumBar 2025 yang  berlangsung di Hotel OCEAN Beach, Padang, menjadi ajang bergengsi bagi Festival Batang Sinuruik untuk bersinar di antara festival-festival terbaik lainnya dari seluruh Sumatera Barat. Dukungan dan doa dari masyarakat Pasaman Barat sangat diharapkan, agar festival ini dapat menjadi tonggak baru dalam pengembangan pariwisata daerah.

Dasril B. Spd, selaku Sekretaris Nagari Sinuruik yang juga menjabat sebagai Plt. Ketua Persatuan Perangkat Desa Sumatera Barat, turut memberikan penjelasan. Saat mewakili Wali Nagari Sinuruik dalam acara tersebut, ia mengungkapkan rasa bangganya terhadap Pasaman Barat yang berhasil, melalui Nagari Sinuruik, sejajar dengan kabupaten lain dalam ajang bergengsi tersebut..

Menurutnya, Pasaman Barat merupakan daerah yang sangat luas dengan kekayaan budaya yang luar biasa beragam. Festival Batang Sinuruik, yang diinisiasi oleh Pemerintah Nagari Sinuruik lima tahun lalu dan kini menjadi agenda tahunan, telah berhasil menjadi contoh nyata bagaimana kekayaan budaya lokal dapat diangkat dan diperkenalkan ke khalayak luas. "Festival ini bisa menjadi inspirasi bagi nagari-nagari lainnya di Pasaman Barat untuk berani menampilkan budaya dan tradisi mereka melalui berbagai event. Dengan adanya festival seperti ini, kita membuka pintu bagi perhatian lebih luas dan menjadikan Pasaman Barat sebagai destinasi wisata budaya yang diakui," jelas Dasril.

Ia juga berharap, kehadiran Festival Batang Sinuruik dapat mendorong nagari-nagari lain untuk semakin berani menonjolkan kekayaan budaya mereka. “Lewat festival semacam ini, kita menunjukkan kepada dunia luar bahwa Pasaman Barat memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata dan budaya. Saatnya kekayaan lokal kita bersinar,” tambahnya dengan semangat yang tinggi.

Dengan optimisme dan keyakinan, Dasril percaya bahwa Festival Batang Sinuruik akan semakin mengukuhkan posisi Pasaman Barat di kancah pariwisata budaya Sumatera Barat

( D R S )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update