Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

Wakil Bupati Pasbar Risnawanto Didampingi Wakil Ketua DPRD Pasbar Daliyus K, Letakkan Batu Pertama pembangunan Masjid Nurul Hikmah Bateh Uba Nagari Langgam Sepakat.

Kamis, 25 Juli 2024 | Juli 25, 2024 WIB Last Updated 2024-07-26T06:43:14Z

Pasbar, Rakyat Merdeka86 | Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk di Bateh Uba Nagari Langgam Sepakat, Kecamatan Kinali, Masjid Nurul Hikmah Bateh Uba yang berada di pinggir jalan perlu diperbesar menjadi ukuran 25 x 30 meter. Pembangunan masjid ini membutuhkan anggaran sebesar Rp 3,9 miliar.


Peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan masjid dilakukan pada Minggu (14/7) oleh Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto. Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Daliyus K, anggota DPRD Ali Nasir dan Eko Supriyono, Camat Kinali Saparuddin, Wali Nagari Langgam Sepakat Mawardi, serta tokoh agama dan masyarakat setempat.


Wakil Bupati Risnawanto menyampaikan bahwa sebagai umat muslim, tentu memerlukan tempat ibadah yang nyaman dan indah. Dengan perkembangan yang ada di Kecamatan Kinali dan Kabupaten Pasaman Barat sejak pemekaran 20 tahun lalu, jumlah penduduk juga terus bertambah.


"Masjid yang kecil sudah tidak memadai lagi untuk menampung jemaah. Oleh karena itu, kita perlu masjid yang lebih besar untuk beribadah," ujarnya.


Beliau juga mengingatkan masyarakat untuk tidak khawatir mengenai biaya pembangunan masjid yang mencapai miliaran rupiah. Dengan semangat kebersamaan, niat baik ini dapat diwujudkan melalui swadaya masyarakat sekitar dan umat Islam secara luas.


"Dengan semangat kebersamaan, pembangunan dapat selesai sesuai target," tambahnya.


Selain untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, keberadaan masjid ini juga diharapkan dapat meningkatkan aktivitas anak-anak TPA dan MDA.


Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Risnawanto juga memberikan bantuan berupa 50 sak semen. Ia berharap ke depan masih bisa berkoordinasi dengan panitia sehingga bantuan lainnya dapat disalurkan.


Ketua Pelaksana pembangunan masjid, Zainal, menjelaskan bahwa setelah mendapatkan kesepakatan dengan masyarakat Bateh Uba Langgam Sepakat Kinali, masjid dapat diperbesar menjadi 25 x 30 meter dengan area parkir yang luas.


"Jumlah penduduk di Bateh Uba Langgam Sepakat mencapai 122 KK, dengan sekitar 70 pemuda dan 100 niniak mamak. Masjid yang lama sudah tidak mampu menampung jumlah masyarakat kami," jelasnya.


Ia menambahkan, setelah kesepakatan tersebut, swadaya masyarakat telah terkumpul dana sebesar Rp 140 juta.


"Hingga selesai nanti, diperkirankan membutuhkan anggaran mencapai 3,9 miliar rupiah," ungkapnya.


(syafri.m)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update