Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

Ketua TP-PKK Kec. Talamau Membuka Acara Pelatihan Pemanfaatan Pekarangan di Nagari Tabek Sirah Talu

Rabu, 24 Juli 2024 | Juli 24, 2024 WIB Last Updated 2024-07-25T05:33:07Z

Pasbar, Rakyat Merdeka86 | Nagari Tabek Sirah Talu melaksanakan Kegiatan Pelatihan Pekarangan rumah tangga yang diikuti Kader KPM Nagari,   Kader Posyandu, Pengurus Dasawisma Se-Nagari Tabek Sirah Talu dan Perangkat Nagari Tabek Sirah Talu Kamis,25 juli 2024


Refqi Jufri Pj. Wali Nagari Tabek Sirah Talu yang lebih dikenal dengan Wali Uban dalam sambutannya menyampaikan "Sumber daya alam kita di Nagari Tabek Sirah Talu ini sangat memadai untuk dikembangkan, terutama lahan kering yang masih banyak belum dikelola, pekarangan rumah tangga warga belum termanfaatkan dan juga kecukupan bahan pangan yang belum memadai.  Berdasarkan hal tersebutlah Pemerintahan Nagari Tabek Sirah Talu tergerak untuk memanfaatkan potensi yang ada tersebut.  Wali Uban juga menyampaikan "Saat ini nilai uang yang ada saat ini sudah sangat tidak memadai untuk pemenuhan kebutuhan harga bahan pangan, apalagi kita di Pasaman Barat ini sangat sering terdampak kenaikan harga bahan pangan, menyebabkan kenaikan tingkat inflasi yang cukup tinggi, sehingga apabila terjadi sedikit kelangkaan dalam sistim ditribusi bahan pangan, akan menyebabkan peningkatan inflasi atau kenaikan harga".


"Hal ini juga mengakibatkan kecendrungan peningkatan jumlah balita dan ibu hamil dan menyusui yang kekurangan gizi.  Hal ini terlihat dengan pembinaan yang telah masif dilakukan namun jumlah Batita yang terdampak kasus Stunting semakin bertambah. Kami, selaku Pemerintah Nagari berupaya melalui kegiatan ini agar seluruh dampak dari kurangnya tingkat konsumsi bahan pangan tersebut dapat kita minimalisasi, sehingga terjadi peningkatan kesejahteraan dan gizi keluarga.


Camat Talamau dalam hal ini yang diwakili Kasi. Ekbang Syahri Elva menyampaikan, "Pemerintah Kec. Talamau memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan ini, selain merupakan amanat dari pengelolaan dana desa juga merupakan wujud pemberdayaan masyarakat yang berdampak pada peningkatan gizi dan kesejahteraan keluarga.  Kami berharap masih ada lanjutan dari kegiatan ini dan betul-betul berdampak langsung kepada masyarakat, khususnya masyarakat Nagari Tabek Sirah Talu.  Kegiatan ini juga nantinya akan berdampak pada penurunan tingkat inflasi daerah juga penurunan penderita Stunting pada anak.  Karena kecendrungan saat ini terjadi peningkatan jumlah penderita stunting di Kec. Talamau, sehingga kita berharap melalui kegiatan ini dapat dijadikan salah satu upaya penurunan penderita stunting.


"Kami memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh Nagari Tabek Sirah Talu, karena merupakan salah satu bentuk Kegiatan Pokja III PKK, sehingga baik tujuan untuk peningkatan gizi dan kesejahteraan keluarga serta diversifikasi pangan.  Kegiatan ini juga hendaknya tetap dilanjutkan baik secara teknis yang nantinya kita laksanakan pembinaan hingga sampai pemasaran", seperti yang disampaikan oleh Ketua TP-PKK Kec. Talamau Nelvia Yessi dalam pembukaan kegiatan pelatihan ini.


Pelatihan Pengelolaan Pekarangan rumah tangga di Nagari Tabek Sirah Talu ini juga di hadiri dari Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Tanaman Pangan & Hortikultura Kab. Pasaman Barat sebagai perwakilan dan Narasumber dalam kegiatan ini.  "Sehingga kita berharap dengan menggandeng stakeholder terkait dapat memberikan infomasi dan teknologi terbaru untuk menjadi referensi bagi kader dan pengurus Dasawisma di Nagari Tabek Sirah Talu, ujar Refqi Jufri.

(SYM/DRS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update