Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

Mempertanyakan Dokumen Lingkungan Proyek Tower Sebelum Penerbitan PBG oleh DPMPTSP Pasaman

Jumat, 22 Desember 2023 | Desember 22, 2023 WIB Last Updated 2023-12-22T11:25:53Z

 


Pasaman, Rakyat Merdeka 86 | Polemik terkait pembangunan Tower Telkomsel di Nagari Simpang Tonang Utara, Pasaman, terus bergulir. Penghulu Adat Kampung Simpang Dingin telah mengadukan sengketa lahan tersebut kepada Bupati Pasaman pada 12 Desember 2023 kemarin.


Dalam upaya menyelesaikan permasalahan ini, Bupati Pasaman, Sabar AS, mengundang berbagai pihak terkait, termasuk beberapa Kepala Dinas untuk rapat mengidentifikasi masalah sengketa tanah di Kampung Adat Simpang Dingin.


Rapat berlangsung di Ruang Rapat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pasaman pada 21 Desember 2023 kemarin.


Kepala DPMPTSP Pemkab Pasaman, Yusnimar, menyatakan kesepakatan dalam rapat bahwa persoalan mengenai tanah telah dikembalikan kepada Kerapatan Adat Nagari (KAN) untuk penyelesaiannya.


"Hasil rapat sepakat persoalan tentang Tanah di kembalikan untuk penyelesaian kepada KAN. Terkait perizinan sudah ada dari pusat", ungkap Yusnimar dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Jumat (22/12/23).


Yusnimar tidak merinci seperti apa perizinan dari pusat yang ia maksud. Dia juga mengklaim bahwa perizinan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) yang diperlukan untuk pembangunan telah ada dari DPMPTSP Pemkab Pasaman.


Kemudian soal kemungkinan PBG yang dikeluarkan DPMPTSP Pemkab Pasaman akan ditinjau kembali atau dicabut karena lahan masih sengketa. Dikatakan Yusnimar, pihaknya menunggu penyelesaian oleh KAN.


Sementara, ketika ditanya terkait dokumen lingkungan sebelum penerbitan PBG, Yusnimar tidak memberikan jawaban. Hal ini menimbulkan pertanyaan akan kelayakan dokumen lingkungan yang menjadi dasar penerbitan perizinan PBG tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update