Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

Sukseskan Sail Teluk Cendrawasih-2023, PT Pelni Siapkan KM. Sinabung Sebagai Hotel Terapung

Selasa, 21 November 2023 | November 21, 2023 WIB Last Updated 2023-11-21T13:26:25Z

 


Biak Numfor, Rakyat Merdeka 86 |Setiap tahun pemerintah melaksanakan giat Sail, untuk itu guna mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan Sail Teluk cendrawasih tahun 2023 yang berlangsung di Kabupaten Biak Numfor provinsi Papua yang akan di laksanakan pada tanggal 21-27 November 2023, maka Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang bekerjasama dengan PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) telah menyiapkan kapal KM Sinabung sebagai hotel terapung pada even sail teluk cendrawasih (STC). 


Menurut kepala cabang Pelni Biak Numfor yang di temui awak media mengatakan bahwa hotel terapung tersebut merupakan dukungan akomodasi untuk kelancaran dan suksesnya penyelenggaraan Sail Teluk cendrawasih tahun 2023.


Hal tersebut disampaikan kacab Pelni Biak Numfor Bapak Firman saat di wawancarai langsung di kantor Pelni (Persero) cabang biak Numfor, kita juga sudah melihat bagaimana kesiapan KM. Sinabung di Biak Numfor provinsi Papua, selasa (21/11/23).


“Saat ini kita telah siapkan KM. Sinabung sebagai hotel terapung untuk akomodasi bagi para peserta tamu, pengunjung dari masyarakat umum, petugas kepolisian, TNI, driver shuttle bus,  guna membantu dan mendukung pemerintah daerah untuk mensukseskan kegiatan sail teluk cendrawasih yang akan di laksanakan di kabupaten Biak Numfor. Selain itu juga, di atas KM sinabung ada juga kamar yang dapat digunakan oleh tamu VIP jika ingin mengunakan fasilitas hotel terapung ini,” ucap Firman sebagai kacab Pelni Biak Numfor.


Selanjutnya di tempat terpisah ketika di temui Capt Romy oleh awak media, Lebih lanjut menjelaskan bahwa KM. Sinabung saat ini dapat menampung 1900 orang yang terdiri dari Kabin Kelas IA bisa dapat menampung sebanyak 64 orang dan masing-masing dapat diisi 2 orang, sedangkan untuk Kabin Kelas IB bisa menampung 80 orang, sedangkan untuk kabin kelas 2.A bisa menampung 250 orang dan kabin Kelas 2.B bisa dapat menampung 112 orang, kemudian untuk kelas wisata bisa menampung sebanyak 594 orang yang sudah di siapkan di dek 5 belakang, sedangkan Ekonomi saat ini sudah di jadikan penumpang kelas wisata 1 sebanyak 500 orang, kelas wisata 2 sebanyak 500, jadi untuk ekonomi bisa menampung sebanyak 1300 orang.


“Sedangkan fasilitas yang berada di dalam kapal juga dapat menunjang aktifitas seperti restoran kapal, mushola, kafetaria, toilet hingga Pelni Mart, yang berada di atas kapal, karena di atas KM sinabung juga ada menjual makanan sehingga para penumpang tidak bingung ketika ingin membeli makanan di atas kapal KM Sinabung,” jelas Capt Romy.


Disaat yang sama Capt.Romy (Nahkoda) juga mengatakan guna mendukung penyelenggaraan Sail Teluk cendrawasih tahun 2023, KM.Sinabung yang merupakan hotel terapung ini sudah siap untuk menampung tamu-tamu dari luar daerah kabupaten Biak Numfor yang tidak memiliki tempat tinggal untuk menyaksikan dan mensukseskan sail teluk cendrawasih dengan tema ," Memantapkan Kedaulatan Maritim Indonesia di Pasifik".


“Untuk itu Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat jenderal perhubungan Laut melalui PT Pelni (Persero) sangat siap dan mendukung penuh penyelenggaran Sail Teluk cendrawasih tahun 2023 ini, petugas kami dilapangan siap melayani untuk menyukseskan penyelenggaraan even nasional ini ” kata Capt.Romy.


(Tim/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update