Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

Lantamal XIV Laksanakan Program Prioritas Nasional Bakti Papua TA 2023

Selasa, 08 Agustus 2023 | Agustus 08, 2023 WIB Last Updated 2023-08-09T06:09:06Z

 


Kota Sorong Papua Barat Daya | Komandan Lantamal XIV Sorong Laksamana Pertama TNI Deny Prasetyo, membuka Program Prioritas Nasional Bakti Papua 2023, di Lapangan Upacara Mako Lantamal XIV Jl. Bubara No.1, Klaligi, Distrik Sorong, Kota Sorong,Papua Barat Daya, Rabu (09/08/23).


Program prioritas nasional bakti Papua akan berlangsung selama dua bulan di wilayah administrasi Pemerintah Kota Sorong tersebut bertemakan “Pembinaan Teritorial Kuat, Pembangunan Pesat” Ini adalah bagian operasi militer selain perang yang dilaksanakan oleh Markas Besar TNI untuk membantu masyarakat khususnya dalam upaya percepatan peningkatan dan pemulihan ekonomi masyarakat serta mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional di beberapa Satkowil TNI di wilayah Papua.


Paradigma pembangunan saat ini bukan Jawa sentris atau Sumatera sentris tapi harus berorientasi pada Indonesia sentris. Oleh karena itu, pemerintah telah berkomitmen untuk pembangunan Indonesia sentris yang dimulai dari Tanah Papua. Dalam pembangunan jangka menengah, khusus Papua menjadi program prioritas nasional.

Dikatakannya, komitmen pemerintah dalam pembangunan di Tanah Papua bukan hanya memastikan tersedianya infrastruktur namun juga memastikan penguatan sumber daya manusia.


Karena kurang optimalnya pengelolaan sumber daya alam dan rendahnya kualitas sumber daya manusia merupakan sebagian penyebab tertinggalnya suatu wilayah dengan yang lainnya di Indonesia.


‘’Program prioritas nasional bakti Papua anggaran 2023”merupakan bentuk darma bakti yang berguna untuk membantu pemerintah dan untuk mengatasi permasalahan kesulitan masyarakat baik fisik maupun non fisik khususnya di wilayah Lantamal XIV Sorong yang bertujuan untuk merebut hati rakyat dan menimbulkan kesadaran dan rasa nasionalisme serta kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam rangka menghadapi segala bentuk ancaman di bidang politik, sosial, hukum, pertahanan dan keamanan yang dapat membahayakan keutuhan  bangsa dan negara.


Ada dua sasaran dari kegiatan Program Nasional Bakti Papua TA 2023, meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik berupa :

- Renovasi rumah tidak layak huni, Renovasi rumah ibadah, Pemasangan pompa dan tandon air bersih, Renovasi dermaga nelayan, dan Pembuatan tempat sampah Masyarakat.

Sedangkan Kegiatan Non Fisik antara lain :

- Pemberian sembako, Penyuluhan cinta tanah air dan bela negara, Penyuluhan Kesehatan dan pencegahan Stunting, Penyuluhan pengolahan produk dari hasil laut bagi nelayan; Penyuluhan pengelolaan keramba ikan dan penyuluhan tentang kelestarian lingkungan hidup.

Dari dua sasaran tersebut, diharapkan akan meningkatkan kondisi kehidupan masyarakat Papua yang sehat, sejahtera dan cinta tanah air Indonesia, khususnya bagi mereka yang tinggal di pesisir dan pulau-pulau kecil yang berada di Papua dan Papua barat daya.,"tuturnya"


(Tim/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update