Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

Memprakarsai Program Literasi, Kemampuan Membaca Anak Pesisir Indonesia Timur

Kamis, 22 Juni 2023 | Juni 22, 2023 WIB Last Updated 2023-06-22T11:27:51Z

 


Sarmi Papua  |  Koarmada III mengawali program berantas buta huruf dan peningkatan minat baca anak pesisir Indonesia Timur dengan menyelenggarakan perpustakaan terapung pertama di Indonesia, seiring dengan peresmian  Lanal Sarmi oleh Panglima Koarmada III, untuk menarik minat baca anak pesisir Indonesia Timur, KRI Teluk Weda – 526 yang sandar di Dermaga Sarmi, menggelar literasi bahasa dengan lomba membaca dan mewarnai.kamis (22/06/23)


Kehadiran kapal perang dengan ukuran yang cukup besar di Kabupaten Sarmi ini cukup memberikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat setempat untuk melihat dan berkeliling didalamnya, Komandan KRI Teluk Weda-526 Letkol Laut (P) Ricky Tacoma mengatakan “tercatat 181 orang anak usia 5 s.d. 7 tahun menjadi peserta lomba mewarnai dan 25 orang peserta lomba membaca puisi dengan usia 8 tahun keatas, serta juga disiapkan buku buku bacaan yang bisa langsung dibaca  diatas  KRI Teluk Weda – 526 milik Koarmada III ini”. 


Komandan KRI Teluk Weda-526 mengharapkan Program Literasi Bahasa ini dapat bersifat kontuinitas dan berkelanjutan di masa yang akan datang , sekaligus dapat menjadi pelopor bagi KRI lain dan Kapal Negara lainnya sebagai bagian dari masyarakat untuk dapat mencerdaskan anak bangsa.


Pada bagian lain Komandan KRI Teluk Weda-526, menjelaskan bahwa tema perlombaan tersebut adalah Pahlawan dan Negeriku, dimana kriteria untuk menjadi pemenang lomba yang dilaksanakan tersebut, yaitu dilihat dari tingkat keindahan, kerapian dan kemandirian anak dalam mewarnai.


Selain diadakan lomba-lomba para pengunjung dan anak-anak juga disuguhkan fashion show atau penampilan para prajurit KRI yang mengenakan berbagai seragam kebanggan TNI AL dan kolone senjata dari prajurit Marinir Yonmarhanlan X yang didatangkan dari Jayapura dengan tujuan mengenalkan berbagai seragam dan atribut TNI AL kepada anak-anak.


Pada kesempatan tersebut, Pj  Bupati Sarmi  Markus O. Mansembra dan Forkopimda setempat turut memberikan hadiah pada lomba mewarnai dan lomba puisi yang diikuti oleh anak-anak Kabupaten Sarmi yang digelar diatas KRI, dan menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sarmi sangat mengapresiasi kehadiran KRI Teluk Weda - 526 dan mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pihak TNI AL di daerah ini. 


Sementara itu Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi memberikan apresiasi kepada Komandan KRI Teluk Weda – 526 yang turut peduli terhadap peningkatan pengetahuan bagi anak-anak di daerah pesisir Papua dengan menyiapkan buku-buku bacaan bagi mereka.


Pelaksanaan berbagai kegiatan yang diadakan di atas KRI juga mendapatkan perhatian dan antusias masyarakat yang tinggi membuktikan bahwa keberadaan TNI Angkatan Laut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat di Kabupaten Sarmi, Papua,"pungkas Panglima".


(Tim/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update