Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

Audiensi Tim Puldata Wantannas Ri di Wilayah Korem 181/PVT TA. 2023

Kamis, 08 Juni 2023 | Juni 08, 2023 WIB Last Updated 2023-06-08T11:07:15Z

Kota Sorong Papua Barat Daya  | Kasrem 181/PVT Kolonel Inf. Christian Pieter Sipahelut menerima Kunjungan Kerja Tim Puldata Wantannas Ri di Wilayah Korem 181/PVT Tahun Anggaran 2023 bertempat di ruang transit makorem 181/PVT Jl. Pramuka No.1 Kelurahan Malamso, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya. Kamis (08/06/2023).


“Dalam kesempatan tersebut Kasrem 181/PVT Kolonel Inf. Christian Pieter Sipahelut mewakili Danrem 181/PVT dan atas nama seluruh Prajurit jajaran Korem 181/PVT, mengucapkan Selamat Datang kepada Brigjen TNI Rudy Adrianto, S.E, M.S.D.S., beserta Tim Pengumpul Data Wantannas RI di wilayah Papua Barat Daya”.


Kasrem 181/PVT menyampaikan bahwa Tugas Pokok Korem 181/PVT yaitu menyelengarakan pembinaan kemampuan kekuatan, penyelengaraan pembinaan teritorial untuk kesiapan wilayah pertahanan di darat dan menjaga keamanan wilayah Kodam XVIII/Kasuari Khususnya serta wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Umumnya.


“Implementasi Tugas Pokok Korem 181/PVT terdiri dari 3 Aspek,  yaitu Aspek Keamanan Wilayah, Aspek Kesejahteraan Rakyat, Aspek Peningkatan Sumber Daya Manusia. Adapun faktor yang mempengaruhi yaitu, Faktor Internal Undan-undang Nomor 34 Tahun 2004, Undan-undang Nomor 2 Tahun 2021, Inpres Nomor 09 Tahun 2020, Implementasi Tugas Pokok sesuai Standar Operating Procedur (SOP) dan Rules Of Engagement (ROE) serta Dukungan Logistik (Anggaran). Faktor Eksternal yang dapat mempengaruhi percepatan pembangunan adalah Keterpaduan Pola Kegiatan dengan Forkopimda, Pengaruh Gangguan KSTP, Aspek Geografi, demografi dan kondisi sosial, Stabilitas Wilayah serta Percepatan Pembangunan sehingga tercapainya Tujuan Nasional,” Ungkapnya.


“Aspek keamanan wilayah yang sudah dilaksanakan Korem 181/PVT yaitu melaksanakan Tahapan dan Program pemulangan masyarakat pengungsi sampai dengan oktober 2023, penempatan 2 SSY Satgas TNI (28 pos) di kabupaten Maybrat (wilayah aifat raya), di Sorong Selatan dan Tambrauw untuk melaksanakan operasi teritorial, operasi intel dan operasi tempur untuk menjamin stabilitas keamanan wilayah dan masyarakat, dukungan sarana transportasi untuk pemulangan masyarakat ke kampung masing-masing dan personel (tukang kayu) untuk perbaikan 100 unit rumah yang ditinggalkan di wilayah Aifat Raya, Peningkatan counter opini terhadap propaganda KSTP dan  sinergi dengan Polri utk perkuat aspek legalitas hukum, sinergi dengan pemerintah daerah kabupaten Maybrat dukungan program perbaikan akses jalan, jembatan dan sarana publik dalam 4 tahap di wilayah Aifat Raya pelaksanaan program pembinaan teritorial unggulan dan sinergi dengan stake holder untuk dukungan kebutuhan hidup dasar masyarakat (ketahanan pangan, air bersih, kesehatan, pendidikan, listrik),” Pungkasnya.


“Aspek Peningkatan Sumber Daya Manusia yang sudah dilaksanakan Korem 181/PVT adalah Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat meliputi program jum'at bersih seperti pembersihan sampah sungai atau pantai di kota sorong, program bebas stunting penyuluhan dan pendampingan program dinas kesehatan pemerintah daerah, membentuk satgas kesehatan dan pendidikan guna percepatan pembangunandan kesejahteraan masyarakat. Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Prestasi yaitu program pemberantasan buta aksara mendukung tenaga pendidik di sekolah-sekolah, perpustakaan keliling dan gerobak buku. Program penyiapan Calon Bintara/Calon Tamtama otsus/reguler dan kaderisasi calon siswa SMA unggulan (SMA Taruna Kasuari Nusantara). Mengoptimalkan fasilitas olahraga (lapangan bola) dalam rangka mendukung pembinaa prestasi atlet Provinsi Papua Barat Daya. Pemantapan Ideologi dan Bela Negara yaitu dengan penguatan doktrin Wawasan Kebangsaan di kampus-kampus dan sekolah-sekolah melalui program teritorial Korem 181/PVT dan Kodim di jajaran Korem 181/PVT maupun Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan kewilayahan di wilayah Korem 181/PVT,”Ujarnya.


“Program Teritorial Unggulan TNI dalam Aspek Kesejahteraan Rakyat meliputi Bebas Buta Aksara dan Stunting untuk pemberantasan buta aksara melalui pengajaran di sekolah dan penyuluhan kesehatan. Program TNI Air bersih 1.000 titik air dengan pembuatan sarana air bersih melalui Program Pompa Hydram dan Pipanisasi. Melaksanakan Ketahanan Pangan dengan melaksanakan pemanfaatan lahan kosong untuk menanam singkong, jagung dan kacang serta penyuluhan bercocok tanam. Untuk meningkatkan Ekonomi Kreatif dan UMKM yaitu dengan melaksanakan pelatihan dan pemanfaatan sumber daya alam serta keterampilan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.” Tuturnya.


“Untuk pemenuhan kebutuhan dasar hidup untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat, perlu dukungan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan menjamin terwujudnya stabilitas keamanan dan kondusifitas wilayah program teritorial unggulan, dukungan percepatan pembangunan wilayah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai” Ungkapnya.


“Seperti kita ketahui bersama bahwa Wantannas adalah lembaga pemerintah yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan pembinaan ketahanan nasional guna menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional Indonesia,” Pungkasnya.


Pada kesempatan tersebut Brigjen TNI Rudy Adrianto, S.E, M.S.D.S., menyampaikan 

Terima kasih kepada Danrem 181/PVT, Kasrem 181/PVT dan Para Kasi Korem 181/PVT atas sambutan dan masukannya. 


“Kegiatan Pengumpulan Data oleh Wantannas RI ini merupakan Program prioritas Nasional yang diamanatkan oleh pemerintah kepada Wantanas secara langsung pada Tahun 2023, adapun maksud dan tujuan Kedatangan Tim Pengumpul Data Wantannas RI ini adalah untuk mencari dan mengumpulkan data yang nantinya akan dilaporkan langsung kepada Presiden, data yang riil terkait dengan kondisi dan situasi yang ada di wilayah Papua Barat Daya ini sehingga kedepannya nanti permasalahan yang ada di wilayah Papua Barat Daya ini berangsur-angsur berkurang dan bahkan diharapkan semua masalah bisa teratasi,” Tuturnya.


Ikut menghadiri dalam kegiatan tersebut, Kolonel Kav Rahman, S.Pd, M.Sc., Kolonel Sus Agus Suharto, M.Si., Kolonel Mar Aris Mudian, M.M., Kombes Pol Endrastiawan Setyowibowo, S.I.K., Kasiren Korem 181/PVT Kolonel Czi Ary Syahrial S.E., Kasi log, Kolonel Cba Roni kurniawan, S.H., M.I., Kolonel Inf Arfan Yohan Wihananto ,S.IP .M.M.S., Susi Hendrawati., May May Maysarah M. Han., Kriswanto., Reno Ardiansyah, S.Kom., Mayor Inf Bambang Triyono Kapenrem 181/PVT.


(Tim/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update