Notification

×

GAMIES INDONESIA

INDEKS BERITA

BUPATI PASAMAN BARAT H.HAMSUARDI S.Ag LANTIK REFQI JUFRI JADI PJ WALI NAGARI TABEK SIRAH TALU

Selasa, 21 Maret 2023 | Maret 21, 2023 WIB Last Updated 2023-03-21T15:17:05Z

 


RM86,Pasbar | Setelah dilantiknya Pj. Wali Nagari Tabek Sirah Talu, secara defenitif hasil Penataan Nagari di Kabupaten Pasaman Barat.  Pelantikan ini dilaksanakan secara kolektif sebanyak 71 Wali Nagari dari 71 Nagari yang telah dimekarkan. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Pasaman Barat Nomor : 100.3.2/246/BUP-PASBAR/2022. Tentang Pengangkatan Pejabat Wali Nagari Se-Kabupaten Pasaman Barat yang dilaksanakan tadi siang di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat, Simpang Ampek.(21/3/2023)


 Sebagai Pj. Wali Nagari Tabek Sirah Talu yang sebelumnya juga menjabat Pj. Nagari Persiapan, dimana telah melihat beberapa permasalahan yang ada di nagari ini.  

Sebagai tugas awal, hasil penataan nagari sesuai dengan tugas yang diberikan kami akan melaksanakan percepatan pembentukan Bamus (Badan Permusyawaratan) Nagari Tabek Sirah Talu. 


 Dimana hal ini merupakan syarat mutlak sebagai kelengkapan sebagai nagari defenitif.  

Setelah itu nantinya baru kemudian melaksanakan penataan Perangkat Nagari, Lembaga Nagari dan Organisasi yang akan membantu kegiatan bernagari sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku.


wali nagri yg baru di lantik inijuga merasakan permasalahan utama yang terdapat di Nagari Tabek Sirah Talu ini, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat antara lain : Kecukupan ketersediaan air bersih, ketersediaan rumah layak huni dan sambungan listrik ke rumah penduduk kurang mampu. 


Selain permasalahan umum yaitu pendapatan masyarakat yang masih rendah, ketersediaan prasarana kebersihan umum dan di sekolah, kurangnya prasarana olah raga dan kepemudaan serta masih adanya anak-anak yang termasuk stunting dan pemutakhiran administrasi nagari/profil desa. 


 Hal ini nantinya kita tetapkan  skala prioritas program yang akan dilaksanakan secara jangka waktu cepat, dan menengah, sehingga diharapkan setelah terpilihnya wali nagari defenitif akan lebih fokus kepada program pembangunan jangka panjang.


".Kami juga mengharapkan dukungan dari berbagai pihak baik Niniak Mamak dan Gadiang Belalainyo, Tokoh Masyarakat, Kepemudaan (Karang Taruna) dalam menggali permasalahan yang ada, penetapan program dan evaluasi program yang telah ditetapkan nantinya.  Sehingga permasalahan utama yang ada dimasyarakat dapat lebih fokus dan secara bertahap dapat diselesaikan." Ungkap wali yg biasa akrab di panggil masyarakat dengan sebutan wali uban ini.


Dalam hal ini beliau telah menyiapkan Program Unggulan yang kami singkat dengan "Tasabuik" dengan akronim Tabek Sirah Beragama, Berbudaya, Berinovasi dan Bekerjasama.


 Hal ini kami angkat selain juga berkaitan dengan Visi-misi Pemerintahan Kabupaten Pasaman Barat saat ini juga karena keunikan yang terdapat di Nagari Tabek Sirah Talu ini. 


". Sebagai putra daerah juga kami berharap agar semua kearifan lokal yang telah mendarah daging secara turun temurun di nagari ini juga diperkenalkan kepada generasi mendatang. Seperti tradisi Malopeh Kaua Padi, "Mauluik" disetiap Soko dan saling mengantarkan "Lamang", Maopam, Maosong Marapulai, Baronggeng, Badiki, Ikan Larangan dan lainnya." tegas nya


Syafri mustika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update